Aplikasi Penjualan Berbasis Desktop

TUGAS

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

 

Dosen Pengampu:

Dyah Ayu Megawaty, M.Kom.


 


Disusun oleh :

Yuli Yadin                        21312100

M. Romza Zikrian             21312052

Adam Ariel Kurniawan      21312072

Afif Al-Kasidmi                21312017

Clifansi Remi Siwi Hati     21312004

 

 

 

UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA

 FAKULTAS TEKNIK & ILMU KOMPUTER

PROGRAM STUDI INFOMATIKA

TA. 2023/2024


 

 

 

                Spesifikasi Kebutuhan

                        Perangkat Lunak


untuk


                            Aplikasi Penjualan Berbasis

                                                               Desktop


Versi 1.0

 


Dibuat oleh : Yuli Yadin – 21312100

M. Romza Zikrian – 21312052

Adam Ariel Kurniawan – 21312072

Afif Al-Kasidmi – 21312017

Clifansi Remi Siwi Hati – 21312004


25 Mei 2023




 

Daftar Isi

Daftar Isi........................................................................................................................................ iii

Revisi.............................................................................................................................................. iii

1.      Pendahuluan............................................................................................................................. 1

1.1              Tujuan............................................................................................................................... 1

1.2              Lingkup Masalah................................................................................................................ 1

1.3              Definisi, Akronim dan Singkatan......................................................................................... 1

1.4              Deskripsi Umum Dokumen................................................................................................. 1

1.5              Referensi........................................................................................................................... 1

2.      Deskripsi Umum Perangkat Lunak....................................................................................... 2

2.1              Deskripsi Umum Sistem..................................................................................................... 2

2.2              Fungsi Produk.................................................................................................................... 2

2.3              Batasan.............................................................................................................................. 2

2.4              Karakteristik Pengguna....................................................................................................... 2

2.5              Lingkup Operasi................................................................................................................. 3

3.      Deskripsi Rinci Kebutuhan..................................................................................................... 3

3.1              Antarmuka Pemakai........................................................................................................... 3

3.2              Antarmuka Perangkat Keras................................................................................................ 3

3.3              Antarmuka Perangkat Lunak............................................................................................... 3

4.      Kebutuhan Fungsional............................................................................................................ 4

4.1              Use Case Diagram.............................................................................................................. 4

4.2              Definisi Aktor.................................................................................................................... 4

4.3              Definisi Use Case............................................................................................................... 5

4.4              Skenario Use Case.............................................................................................................. 5

5.      Data Requirement.................................................................................................................... 8

5.1              Class Diagram.................................................................................................................... 8

6.      Nonfunctional Requirements.................................................................................................. 9

7.      Batasan Perancangan.............................................................................................................. 9

8.      Kerunutan................................................................................................................................ 9

Revisi

 

Nama

Tanggal

Alasan Revisi

Versi

 

 

 

 

 

 

 

 


 



 

1.     Pendahuluan


1.1     Tujuan

Dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) merupakan dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang akan dikembangkan. Dokumen ini digunakan oleh pengembang perangkat lunak sebagai acuan teknis pengembangan perangkat lunak pada tahap selanjutnya.

 

1.2     Lingkup Masalah

Aplikasi sistem informasi penjualan DebagsPro ini merupakan aplikasi untuk pengelolaan baik itu proses transaksi yang terjadi dalam usaha ini maupun proses pelaporan transaksi baik kepada pelanggan maupun kepada owner yang mana berbasis desktop yang dirancang dalam bahasa pemrograman Java. Komputasi yang tercakup ke dalamnya adalah komputasi aritmatika sederhana berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dari dua buah bilangan bulat atau desimal.

 

1.3     Definisi, Akronim dan Singkatan

·   SKPL adalah Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak, atau dalam bahasa Inggris-nya sering juga disebut sebagai Software Requirements Spesification ( SRS), dan merupakan spesifikasi dari perangkat lunak yang akan dikembangkan.

·    SKPL- ASPD.K-xxxx adalah kode yang digunakan untuk merepresentasikan kebutuhan (requirement) pada Aplikasi ini, dengan ASPD merupakan kode perangkat lunak, ASPD.K adalah kode fase, dan xxxx adalah digit/nomor kebutuhan (requirement).

·         UC adalah Use case, rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor.

·          CD adalah Class diagram, diagam yang digunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang ada dalam sistem/perangkat lunak yang sedang kita gunakan.

 

1.4     Deskripsi Umum Dokumen

Dokumen SKPL ini dibagi menjadi tiga bagian utama. Bagian utama berisi penjelasan tentang dokumen SKPL yang mencakup tujuan pembuatan dokumen ini, lingkup masalah diselesaikan oleh perangkat lunak yang dikembangkan, definisi, referensi dan deskripsi umum.

Bagian kedua berisi penjelasan secara umum mengenai perangkat lunak yang dikembangkan meliputi fungsi dari perangkat lunak, karakteristik pengguna, batasan, dan asumsi yang diambil dalam pengembangan perangkat lunak. Bagian ketiga berisi uraian kebutuhan perangkat lunak secara lebih rinci.

 

1.5     Referensi

Referensi perangkat lunak ini diambil dari beberapa sumber diantaranya sumber literatur berupa buku tentang bahasa pemrograman Java dan MySQL serta beberapa tutorial yang berhubungan dengan perangkat lunak ini, juga dari beberapa sumber teruji yang telah penulis dokumentasikan.





2.     Deskripsi Umum Perangkat Lunak

 

2.1     Deskripsi Umum Sistem 

Dalam aplikasi ini terdapat 4 aktor, aktor pemegang hak akses penuh dari sistem basis data yang ada adalah admin dan hak akses aplikasi transaksi adalah karyawan. Admin dapat mengolah data dan mengolah stok yang ada dalam aplikasi ini, sedangkan pengolahan transaksi penjualan akan di lakukan oleh karyawan serta laporan keseluruhan yang nantinya akan diberikan kepada owner akan diakses oleh karyawan.

Owner dan konsumen disini diposisikan sebagai objek yang akan menerima laporan dari transaksi yang ada dalam aplikasi disini. Owner akan menerima laporan keseluruhan transaksi yang ada dalam aplikasi ini, sedangkan konsumen akan mendapatkan laporan transaksi yang mana telah konsumen lakukan atau biasa disebut dengan sebutan struk pembayaran.

Perangkat lunak ini dapat dijalankan pada lingkungan sistem operasi Microsoft ® Windows 95/98/NT/2000/XP/Vista/7/8/8.1/10. Perangkat lunak ini hanya dapat diakses oleh admin dengan menggunakan username dan password yang telah disediakan.

 

2.2     Fungsi Produk

Adapun fungsi-fungsi yang dimiliki oleh perangkat lunak ini adalah:

·         Memasukan data karyawan, data produk dan data transaksi.

·         Menampilkan data karyawan, data produk dan data transaksi.

·         Mencetak laporan transaksi untuk pelanggan dan laporan keseluruhan transaksi untuk owner ke dalam hard copy berupa kertas laporan.

·         Menambah atau merubah data akun admin.

 

2.3     Batasan 

Perangkat lunak ini hanya memproses proses transaksi antara pelanggan yang diakses oleh karyawan dengan sistem yang di operasikan oleh admin. Perangkat lunak ini tidak mengoperasikan laporan tentang penggajian.

 

2.4     Karakteristik Pengguna

Pengguna perangkat lunak ini adalah guru tata usaha yang menggunakan komputer di lingkungan kerjanya.

Pengguna juga dapat berupa pengguna yang memiliki tingkat otorisasi khusus yang disebut sebagai administrator dan mempunyai wewenang untuk melakukan modifikasi pada informasi dalam database yang hendak ditampilkan.

 

Kategori Pengguna

Hak Akses

Administrator

Mengelola Transaksi, Mengelola Data Master, Mengelola database Aplikasi.



2.5     Lingkup Operasi

Perangkat lunak yang dibutuhkan oleh Aplikasi ini adalah:

·         Sistem operasi : Microsof® Windows 95/98/NT/2000/XP/Vista/7/8/8.1/10.

·         DBMS: MySQL.

 

3.     Deskripsi Rinci Kebutuhan

 

3.1     Antarmuka Pemakai 

Antarmuka pemakai akan dikembangkan dengan menggunakan modus grafik dan berbasis Executable Windows Program. Pemakai berinteraksi dengan perangkat lunak ini melalui antarmuka program. Aplikasi ini menerima masukan dari pengguna melalui perintah yang diklik pada mouse atau yang diketikkan melalui keyboard. Keluaran dari perangkat lunak SMS dapat dilihat pemakai dengan menggunakan monitor secara langsung ataupun melalui laporan berupa hardcopy.

 

3.2     Antarmuka Perangkat Keras

Kebutuhan minimum perangkat keras yang dapat digunakan oleh SMS adalah :

·         Satu unit PC Compatible

·         Papan kunci (keyboard)

·         Tikusan (mouse)

·         Monitor

 

3.3     Antarmuka Perangkat Lunak

Aplikasi ini dijalankan di sistem operasi berbasis Windows, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Java dan dengan database yang ada pada MySQL.


 

4.     Kebutuhan Fungsional


4.1     Use Case Diagram


Aplikasi ini memungkinkan penggunan untuk melihat informasi dalam database aplikasi pelayanan penjualan ini. Admin dapat mengelola data master serta mencetak laporan.

 

4.2     Definisi Aktor

No

Actor

Deskripsi

1

Konsumen

Sebagai objek akhir dari aplikasi ini, akan menerima laporan berupa struk pembayaran

2

Admin

Memiliki hak akses penuh terkait basis data yang ada dalam aplikasi ini, dapat mengolah data barang dan stok

3

Karyawan

Memiliki hak akses terkait transaksi yang ada dalam aplikasi ini, dapat membuat transaksi dan membuat laporan transaksi keseluruhan serta struk

4

Owner

Sebagai peninjau laporan yang mana akan menerima laporan keseluruhan dari aplikasi ini


 

4.3     Definisi Use Case 

No

Use Case

Deskripsi

1

Olah produk

Admin mengolah data barang yang ada dalam aplikasi yang nantinya akan dimasukan ke sistem

2

Transaksi Produk

Karyawan mengolah transaksi penjualan

3

Olah Stok

Admin mengolah data stok yang tersedia di sistem

4

Olah Laporan keseluruhan

Karyawan mengolah data laporan keseluruhan transaksi

5

Cetak bukti transaksi

Karyawan mencetak Struk

6

Batal Transaksi

Karyawan membatalkan Transaksi

 

4.4     Skenario Use Case

Use Case ID

1

Use Case Name

Transaksi Produk

Actors

Karyawan

Description

Konsumen transaksi produk yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:

1.      Use Case cetak bukti transaksi

2.      Use Case olah laporan keseluruhan

3.      Use Case olah stok

4.      Use Case olah produk

Preconditions

1. Sistem menampilkan katalog produk

Postconditions

1.      Konsumen memilih produk yang diinginkan

2.      Karyawan memproses transaksi

Normal Flow

1.      Konsumen memilih produk yang diinginkan

2.      Karyawan melakukan transaksi setelah memilih produk

3.      Karyawan dapat menambah produk maupun menghapus produk di proses transaksi

Alternative Flows

1. Jika konsumen ingin mengganti produk yang ingin dibeli, Karyawan dapat menghapus produk yang ingin dihapus


 

Use Case ID

2

Use Case Name

Olah Stok

Actors

Karyawan

Description

Konsumen olah stok yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:

1. Use Case laporan keseluruhan

Preconditions

1. Karyawan mengolah stok produk

Postconditions

1.      Karyawan melakukan olah stok

2.      Akan menjadi acuan sebagai laporan keseluruhan transaksi

Normal Flow

1.      Karyawan membuat stok produk

2.      Produk tersimpan di sistem

Alternative Flows

 

 

Use Case ID

3

Use Case Name

Cetak Bukti Transaksi

Actors

Konsumen, Karyawan

Description

Konsumen cetak bukti transaksi yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:

1. Use Case Transaksi Produk

Preconditions

1. Karyawan memproses cetak bukti transaksi

Postconditions

1. Bukti transaksi tercetak

Normal Flow

1.      Karyawan memproses pencetakan bukti transaksi

2.      Konsumen mendapatkan bukti transaksi

Alternative Flows

1. Konsumen mendapatkan bukti transaksi

Use Case ID

4

Use Case Name

Olah Produk

Actors

Karyawan

Description

Karyawan mengolah produk yang tersedia pada sistem. Use case ini


 

 

memiliki kumpulan use case lain antara lain:

1. Use Case Transaksi Produk

Preconditions

1. Karyawan mengolah data produk

Postconditions

1. Seluruh produk terinput ke sistem

Normal Flow

1.      Karyawan memasukan data produk

2.      Produk masuk kedalam sistem yang ada

Alternative Flows

1. Karyawan dapat mengedit data produk

 

Use Case ID

5

Use Case Name

Olah Laporan Keseluruhan

Actors

Karyawan, Owner

Description

Karyawan mengolah laporan penjualan yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain:

1. Use Case Transaksi Produk

Preconditions

1. Karyawan mengolah data laporan penjualan produk

Postconditions

1. Laporan tercetak

Normal Flow

1.      Karyawan memproses pembuatan laporan yang berasal dari seluruh transaksi yang ada

2.      Laporan keseluruhan berhasil di cetak dan selanjutnya akan di berikan kepada owner

Alternative

Flows

1. Karyawan dapat mengedit data laporan

 

Use Case ID

6

Use Case Name

Batal Transaksi

Actors

Konsumen

Description

Konsumen olah laporan penjualan yang tersedia pada sistem.

Preconditions

1. Konsumen melakukan pembatalan transaksi

Postconditions

1. Transaksi dibatalkan

Normal Flow

1. Transaksi dibatalkan konsumen



5.     Data Requirement

Data aplikasi sistem informasi penjualan debagspro adalah sebagai berikut:

·         Data admin berupa username dan password.

·         Data karyawan berupa id, nama, jenis kelamin, alamat, no telepon.

·         Data karyawan berupa id, nama, ukuran, jenis, harga.

·         Data laporan berisi nota transaksi.

·         Data laporan keseluruhan berupa data print out seluruh transaksi.

 

5.1     Class Diagram


Class Diagram ini dibuat dengan StarUML

 

6.     Nonfunctional Requirements

Parameter

Requirement

Availability

24 jam sehari, 7 hari seminggu saat Sumber Listrik Tersedia

Reliability

100% Handal dalam operasi

Ergonomy

N/A

Portability

Mudah digunakan pada lingkungan sistem operasi Microsoft® Windows dengan DBMS SQL Server

Memory

N/A

Response Time

Kecepatan saat penggunaan tergantung RAM dan PROSESOR komputer

Security

N/A

Komunikasi

Bahasa Indonesia

 

7.     Batasan Perancangan

Aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Microsoft ® Windows. Modifikasi data dalam database aplikasi ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang memiliki otoritas hak akses administrator (admin).

 

8.     Kerunutan

Data Store

Sifat

Entity

Data Admin

Statis

data_admin

Data Pelanggan

Statis

data_karyawan

Data Cucian

Statis

data_produk

 

Komentar

Postingan Populer