Aplikasi Penjualan Berbasis Desktop
TUGAS
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Dosen Pengampu:
Dyah Ayu Megawaty, M.Kom.
Disusun oleh :
Yuli Yadin 21312100
M. Romza Zikrian 21312052
Adam Ariel Kurniawan 21312072
Afif Al-Kasidmi 21312017
Clifansi Remi Siwi Hati 21312004
UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA
FAKULTAS TEKNIK & ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI INFOMATIKA
TA. 2023/2024
Spesifikasi Kebutuhan
Perangkat Lunak
untuk
Aplikasi Penjualan Berbasis
Desktop
Versi 1.0
Dibuat
oleh : Yuli Yadin – 21312100
M. Romza Zikrian – 21312052
Adam Ariel Kurniawan – 21312072
Afif Al-Kasidmi – 21312017
Clifansi Remi Siwi Hati – 21312004
25 Mei 2023
1. Pendahuluan
1.1 Tujuan
Dokumen Spesifikasi Kebutuhan
Perangkat Lunak (SKPL) merupakan dokumen
spesifikasi kebutuhan
perangkat lunak yang akan dikembangkan. Dokumen ini digunakan oleh pengembang perangkat
lunak sebagai acuan teknis
pengembangan perangkat lunak
pada tahap selanjutnya.
1.2 Lingkup Masalah
Aplikasi sistem informasi penjualan DebagsPro ini merupakan
aplikasi untuk pengelolaan baik itu proses transaksi
yang terjadi dalam usaha ini maupun proses pelaporan transaksi
baik kepada pelanggan maupun kepada owner yang mana berbasis desktop
yang dirancang dalam bahasa pemrograman Java. Komputasi yang tercakup
ke dalamnya adalah komputasi aritmatika sederhana berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dari
dua buah bilangan bulat atau desimal.
1.3
Definisi, Akronim dan Singkatan
· SKPL adalah Spesifikasi Kebutuhan
Perangkat Lunak, atau dalam bahasa Inggris-nya sering juga disebut sebagai
Software Requirements Spesification ( SRS), dan merupakan spesifikasi dari perangkat lunak yang
akan dikembangkan.
· SKPL- ASPD.K-xxxx adalah kode yang digunakan untuk merepresentasikan kebutuhan
(requirement) pada Aplikasi ini, dengan ASPD merupakan kode perangkat
lunak, ASPD.K adalah kode fase,
dan xxxx adalah digit/nomor
kebutuhan (requirement).
·
UC adalah Use case, rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait dan membentuk sistem
secara teratur yang dilakukan
atau diawasi oleh sebuah aktor.
·
CD adalah Class diagram, diagam yang digunakan untuk
menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang ada dalam
sistem/perangkat lunak yang sedang kita gunakan.
1.4 Deskripsi Umum Dokumen
Dokumen SKPL ini dibagi menjadi tiga bagian utama. Bagian
utama berisi penjelasan tentang dokumen
SKPL yang mencakup tujuan pembuatan dokumen ini, lingkup masalah diselesaikan
oleh perangkat lunak yang dikembangkan, definisi, referensi dan
deskripsi umum.
Bagian kedua berisi penjelasan secara umum mengenai
perangkat lunak yang dikembangkan meliputi fungsi dari perangkat lunak,
karakteristik pengguna, batasan, dan asumsi yang diambil dalam pengembangan perangkat lunak. Bagian ketiga berisi uraian kebutuhan perangkat
lunak secara lebih rinci.
1.5 Referensi
Referensi perangkat lunak ini diambil dari beberapa sumber
diantaranya sumber literatur berupa buku
tentang bahasa pemrograman Java dan MySQL serta beberapa tutorial yang
berhubungan dengan perangkat
lunak ini, juga dari beberapa
sumber teruji yang telah penulis
dokumentasikan.
2. Deskripsi Umum Perangkat Lunak
2.1 Deskripsi Umum Sistem
Dalam aplikasi ini terdapat 4 aktor, aktor pemegang hak
akses penuh dari sistem basis data yang ada
adalah admin dan hak akses aplikasi transaksi adalah karyawan. Admin
dapat mengolah data dan mengolah stok
yang ada dalam aplikasi ini, sedangkan pengolahan transaksi penjualan akan di lakukan oleh karyawan serta laporan
keseluruhan yang nantinya akan diberikan kepada owner akan diakses
oleh karyawan.
Owner dan konsumen disini diposisikan sebagai objek yang
akan menerima laporan dari transaksi yang ada dalam aplikasi
disini. Owner akan menerima laporan
keseluruhan transaksi yang ada dalam aplikasi ini, sedangkan konsumen
akan mendapatkan laporan transaksi yang mana telah konsumen lakukan atau
biasa disebut dengan sebutan struk pembayaran.
Perangkat lunak ini dapat dijalankan pada lingkungan sistem operasi Microsoft
® Windows 95/98/NT/2000/XP/Vista/7/8/8.1/10.
Perangkat lunak ini hanya dapat diakses oleh admin dengan menggunakan username dan password yang telah disediakan.
2.2
Fungsi Produk
Adapun fungsi-fungsi yang dimiliki oleh perangkat lunak ini adalah:
·
Memasukan data karyawan,
data produk dan data transaksi.
·
Menampilkan data karyawan,
data produk dan data transaksi.
·
Mencetak laporan transaksi
untuk pelanggan dan laporan keseluruhan transaksi untuk owner
ke dalam hard copy berupa
kertas laporan.
·
Menambah atau merubah
data akun admin.
2.3 Batasan
Perangkat lunak ini hanya memproses
proses transaksi antara
pelanggan yang diakses
oleh karyawan dengan sistem yang di operasikan oleh
admin. Perangkat lunak ini tidak mengoperasikan laporan tentang penggajian.
2.4 Karakteristik Pengguna
Pengguna perangkat lunak ini adalah guru tata usaha yang
menggunakan komputer di lingkungan kerjanya.
Pengguna juga dapat berupa pengguna yang memiliki tingkat
otorisasi khusus yang disebut sebagai administrator dan mempunyai wewenang
untuk melakukan modifikasi pada informasi dalam database yang hendak
ditampilkan.
Kategori Pengguna |
Hak Akses |
Administrator |
Mengelola
Transaksi, Mengelola Data Master, Mengelola database Aplikasi. |
2.5
Lingkup Operasi
Perangkat lunak yang dibutuhkan oleh Aplikasi ini adalah:
·
Sistem operasi : Microsof® Windows
95/98/NT/2000/XP/Vista/7/8/8.1/10.
·
DBMS: MySQL.
3.
Deskripsi Rinci Kebutuhan
3.1 Antarmuka Pemakai
Antarmuka pemakai akan dikembangkan dengan menggunakan modus grafik dan berbasis Executable Windows Program. Pemakai
berinteraksi dengan perangkat lunak ini melalui antarmuka program. Aplikasi ini menerima masukan
dari pengguna melalui perintah yang diklik pada mouse atau yang diketikkan melalui keyboard. Keluaran dari perangkat
lunak SMS dapat dilihat pemakai dengan menggunakan monitor secara langsung ataupun melalui laporan berupa hardcopy.
3.2
Antarmuka Perangkat Keras
Kebutuhan minimum perangkat keras yang dapat digunakan oleh SMS adalah
:
·
Satu unit
PC Compatible
·
Papan kunci (keyboard)
·
Tikusan (mouse)
·
Monitor
3.3 Antarmuka Perangkat Lunak
Aplikasi ini dijalankan di sistem operasi
berbasis Windows, aplikasi
ini dibuat dengan
menggunakan Java dan dengan database yang ada pada MySQL.
4.
Kebutuhan Fungsional
4.1 Use Case Diagram
Aplikasi ini memungkinkan penggunan
untuk melihat informasi
dalam database aplikasi
pelayanan penjualan ini. Admin dapat mengelola data master serta mencetak laporan.
4.2 Definisi Aktor
No |
Actor |
Deskripsi |
1 |
Konsumen |
Sebagai objek akhir dari aplikasi ini, akan menerima laporan berupa
struk pembayaran |
2 |
Admin |
Memiliki hak akses penuh
terkait basis data yang ada
dalam aplikasi ini, dapat mengolah
data barang dan stok |
3 |
Karyawan |
Memiliki hak akses terkait
transaksi yang ada dalam aplikasi ini, dapat membuat transaksi dan membuat laporan
transaksi keseluruhan serta struk |
4 |
Owner |
Sebagai peninjau
laporan yang mana akan menerima laporan keseluruhan dari aplikasi ini |
4.3 Definisi Use Case
No |
Use Case |
Deskripsi |
1 |
Olah produk |
Admin mengolah data barang yang ada
dalam aplikasi yang
nantinya akan dimasukan ke
sistem |
2 |
Transaksi Produk |
Karyawan mengolah transaksi penjualan |
3 |
Olah Stok |
Admin mengolah data stok yang tersedia di sistem |
4 |
Olah Laporan keseluruhan |
Karyawan mengolah data laporan keseluruhan transaksi |
5 |
Cetak bukti transaksi |
Karyawan mencetak Struk |
6 |
Batal Transaksi |
Karyawan membatalkan Transaksi |
4.4 Skenario Use Case
Use Case
ID |
1 |
Use Case
Name |
Transaksi Produk |
Actors |
Karyawan |
Description |
Konsumen transaksi produk yang tersedia pada sistem. Use
case ini memiliki kumpulan use case
lain antara lain: 1. Use Case
cetak bukti transaksi 2. Use Case
olah laporan keseluruhan 3. Use Case
olah stok 4. Use Case
olah produk |
Preconditions |
1. Sistem menampilkan katalog produk |
Postconditions |
1. Konsumen memilih produk yang diinginkan 2. Karyawan memproses transaksi |
Normal Flow |
1. Konsumen memilih produk yang diinginkan 2. Karyawan melakukan transaksi setelah memilih produk 3. Karyawan dapat
menambah produk maupun
menghapus produk di proses transaksi |
Alternative Flows |
1. Jika konsumen ingin mengganti produk
yang ingin dibeli, Karyawan dapat menghapus produk yang ingin dihapus |
Use Case
ID |
2 |
Use Case
Name |
Olah Stok |
Actors |
Karyawan |
Description |
Konsumen olah
stok yang tersedia pada sistem. Use case ini memiliki kumpulan use case lain antara lain: 1. Use Case
laporan keseluruhan |
Preconditions |
1. Karyawan mengolah stok produk |
Postconditions |
1. Karyawan melakukan olah stok 2. Akan menjadi acuan sebagai laporan
keseluruhan transaksi |
Normal Flow |
1. Karyawan membuat
stok produk 2. Produk tersimpan di sistem |
Alternative Flows |
|
Use Case
ID |
3 |
Use Case
Name |
Cetak Bukti Transaksi |
Actors |
Konsumen, Karyawan |
Description |
Konsumen cetak
bukti transaksi yang
tersedia pada sistem.
Use case ini
memiliki kumpulan use case lain antara lain: 1. Use Case Transaksi Produk |
Preconditions |
1. Karyawan memproses cetak
bukti transaksi |
Postconditions |
1. Bukti transaksi tercetak |
Normal Flow |
1. Karyawan memproses pencetakan bukti transaksi 2. Konsumen mendapatkan bukti transaksi |
Alternative Flows |
1. Konsumen mendapatkan bukti
transaksi |
Use Case ID |
4 |
Use Case
Name |
Olah Produk |
Actors |
Karyawan |
Description |
Karyawan mengolah produk yang tersedia pada sistem. Use case ini |
|
memiliki kumpulan
use case lain
antara lain: 1. Use Case Transaksi Produk |
Preconditions |
1. Karyawan mengolah data
produk |
Postconditions |
1. Seluruh produk terinput ke sistem |
Normal Flow |
1. Karyawan memasukan data produk 2. Produk masuk
kedalam sistem yang
ada |
Alternative Flows |
1. Karyawan dapat mengedit data produk |
Use Case
ID |
5 |
Use Case
Name |
Olah Laporan Keseluruhan |
Actors |
Karyawan, Owner |
Description |
Karyawan mengolah laporan penjualan yang tersedia pada sistem. Use case ini
memiliki kumpulan use case lain antara lain: 1. Use Case Transaksi Produk |
Preconditions |
1. Karyawan mengolah
data laporan penjualan produk |
Postconditions |
1. Laporan tercetak |
Normal Flow |
1. Karyawan memproses pembuatan laporan yang
berasal dari seluruh
transaksi yang ada 2. Laporan keseluruhan berhasil di cetak
dan selanjutnya akan
di berikan kepada owner |
Alternative Flows |
1. Karyawan dapat mengedit data laporan |
Use Case
ID |
6 |
Use Case
Name |
Batal Transaksi |
Actors |
Konsumen |
Description |
Konsumen olah laporan
penjualan yang tersedia pada sistem. |
Preconditions |
1. Konsumen melakukan pembatalan transaksi |
Postconditions |
1. Transaksi
dibatalkan |
Normal Flow |
1. Transaksi
dibatalkan konsumen |
5.
Data Requirement
Data aplikasi sistem
informasi penjualan debagspro
adalah sebagai berikut:
·
Data admin berupa
username dan password.
·
Data karyawan berupa
id, nama, jenis kelamin, alamat,
no telepon.
·
Data karyawan berupa
id, nama, ukuran,
jenis, harga.
·
Data laporan berisi nota transaksi.
·
Data laporan keseluruhan berupa data print out seluruh
transaksi.
5.1 Class Diagram
Class Diagram ini dibuat dengan StarUML
6. Nonfunctional Requirements
Parameter |
Requirement |
Availability |
24 jam sehari, 7 hari seminggu saat Sumber Listrik
Tersedia |
Reliability |
100% Handal
dalam operasi |
Ergonomy |
N/A |
Portability |
Mudah digunakan pada lingkungan sistem
operasi Microsoft® Windows dengan DBMS SQL Server |
Memory |
N/A |
Response Time |
Kecepatan saat
penggunaan tergantung RAM
dan PROSESOR komputer |
Security |
N/A |
Komunikasi |
Bahasa Indonesia |
7.
Batasan Perancangan
Aplikasi
ini hanya dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Microsoft ®
Windows. Modifikasi data dalam database
aplikasi ini hanya dapat dilakukan
oleh pengguna yang memiliki otoritas hak akses administrator (admin).
8. Kerunutan
Data Store |
Sifat |
Entity |
Data Admin |
Statis |
data_admin |
Data Pelanggan |
Statis |
data_karyawan |
Data Cucian |
Statis |
data_produk |
Komentar
Posting Komentar